Strategi Layanan
Pengertian Pelayanan
Pelayanan adalah, proses pemenuhan kebutuhan, melalui aktivitas orang lain secara langsung. sedangkan menururt KBBI pengertian pelayanan adalah menolong atau menyediakan segala apa yang diperlukan orang lain , seperti tamu atau pembeli.
Pada dasarnya, pelayanan yang dibutuhkan manusia adalah pelayanan fisik, yang sifatnya pribadi sebagai manusia dan layanan administratif yang diberikan orang lain selaku anggota organisasi, baik itu organisasi massa atau negara.
Tata Kelola Strategi Layanan
Di dalam bisnis, strategi adalah suatu rancangan untuk membantu suatu organisasi mengalahkan pesaing nya dan strategi bisnis dapat menciptakan peluang baru. Meskipun banyak system informasi di bangun untuk memecahkan masalah, banyak juga yang lain dibangun untuk meraih peluang. Sistem informasi yang membantu meraih peluang disebut Strategi Sistem Informasi. Strategi ini dapat dikembangkan sejak awal mula, atau dapat dikembangkan dari strategi system informasi yang telah ada pada organisasi. Strategi sistem informasi dapat memperoleh pelanggan sebanyak-banyaknya dengan memberikan pelayanan sesuai keinginan pelanggan. Teknologi Informasi berperan penting dalam kontribusinya pada strategi bisnis.
Resiko Strategi Layanan
Resikonya adalah ketika ada permintaan dan ditangani kurang baik oleh si pengelola maka akan menjadi sumber resiko bagi penyedia layanan. Hal untuk memperkecil kemungkinan resiko itu terjadi bisa dilakukan dengan memberikan pengetahuan tentang produk yang sedang tersedia maupun yang sedang habis.
Jenis Penyedia Jasa Layanan TI
Salah satu Penyedia Layanan TI adalah, layanan cloud computing di Indonesia yang bisa memberikan solusi tepat untuk kemajuan bisnis. Perusahaan-perusahaan tersebut, memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin menjalankan bisnis lebih mudah dan melakukan penghematan biaya operasonal terutama biaya TI. Layanan yang diberikan oleh perusahaan tersebut bisa Anda pilih sesuai kebutuhan perusahaan. Sama halnya dengan layanan lainnya, cloud computing juga memiliki berbagai pilihan layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan klien.
Cloud computing memanfaatkan internet dengan jangkauan luas dan cepat untuk membantu Anda menyediakan dan menyimpan data dengan mudah melalui jaringan internet.
Empat Strategi P
- Perspektif : Visi untuk menentukan arah dan tujuan dalam bertahan dalam pasar dunia.
- Position : Memanfaatkan keunikan posisi sebagai dasar untuk berkompetisi.
- Plan : Rencana bagaimana provider akan meraih visinya.
- Pattern : Pola dasar yang dilakukan berulang dalam pengambilan keputusan yang biasanya
berdasarkan tema pokoknya.
Manajemen Layanan Sebagai Aset Strategis
Manajemen Layanan Adalah awal dari sebuah proses peningkatan manajemen aset yang berkelanjutan untuk memastikan manajemen yang mampu memberikan layanan yang berkualitas. Hal ini dapat dibangun secara efektif dengan manajemen aset yang mengkombinasikan manajemen, keuangan, ekonomi, teknik dan praktek lainnya untuk aset tersebut.
Tujuan dari manajemen aset strategi adalah untuk memaksimalkan potensi pelayanan aset, mengurangi permintaan aset baru, mencapai value for money yang lebih besar, mengeliminasi pengadaan dan kepemilikan aset yang tidak dibutuhkan dan memfokuskan perhatian pada hasil. Manajemen aset strategik dilengkap dengan sebuah kerangka yang dapat membuat setiap kegiatan dalam siklus hidup aset menjadi lebih baik. Hal utama dari kerangka ini adalah bahwa manajemen aset strategi harus konsisten dengan misi perusahaan dan terintergrasi dengan komponen manajemen strategis lain.
Ada dua komponen strategi pelayanan . Strategi pelayanan yang jelas tentang pengembangan strategi untuk pengiriman layanan tertentu, tetapi ada juga strategi pengembangan manajemen pelayanan sebagai kompetensi untuk memberikan pelayanan sebagai bagian dari strategi bisnis dan sebagai dasar untuk pemerintahan yang baik .
Strategi Untuk Layanan Khusus
Layanan Khusus berperan penting dalam sebuah organisasi, kita bisa mengambil contoh dari sebuah organisasi pendidikan seperti sekolah, Sekolah merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas dari penduduk bangsa Indonesia. Sekolah tidak hanya memiliki tanggung jawab dan tugas untuk mlaksanakan proses pembelajaran dalam mengembangkan ilmu penegetahuan dan teknologi saja, melainkan harus menjaga dan meningkatkan kesehatan baik jasmani maupun rohani peserta didik.
Substansi Manajemen Layanan Khusus berdasarkan proses manajemen adalah sebagai berikut:
- Perencanaan, meliputi analisis kebutuhan layanan khusus bagi sebuah organisasi dan penyusunan program layanan khusus bagi orang yang ada di dalam sebuah organisasi
- Pengorganisasian, berupa pembagian tugas untuk melaksanakan program layanan khusus bagi sebuah organisasi
- Penggerakan, meliputi pengaturan pelaksanaan perpustakaan , ketrampilan, uni kesehatan, tabungan, keagamaan, kantin, perpustakaan, kafetaria, dan layanan khusus lainnya.
- Pengawasan, meliputi pemantauan program layanan khusus dan penilaian kinerja program layanan khusus bagi anggota sebuah organisasi .
Otomatisasi Proses Manajemen Layanan
Otomasi proses manajemen adalah penggunaan sistem komputer dan perangkat lunak untuk mengotomatisasi proses. Proses dapat benar-benar otomatis, sehingga tidak ada intervensi manusia yang diperlukan, atau semi-otomatis di mana beberapa intervensi manusia diperlukan untuk membuat keputusan atau menangani pengecualian.
0 komentar:
Posting Komentar